Cuaca yang tidak menentu, Perubahan iklim yang tiba-tiba, angin yang bertiup terkadang membuat nafas menjadi terganggu. Inilah wajah tempat tinggal kita, lebih dari 200 juta tahun kita tempati. kalau kita perhatikan secara seksama, apalagi di tempat tinggal penulis (kebetulan penulis bertempat tinggal di daerah Semarang). Dulu kalau pagi hari, dapat dipastikan cuacanya masih sejuk, udara bersih dan membuat kita terlepas dari masalah. Namun beberapa tahun terakhir, cuaca yang terasa ternyata berubah total.

Foto ini diambil pada akhir tahun 2006, sebelum tahun baru 2007. Cuaca disana masih sangat sejuk, kebetulan di daerah Bandungan. Namun terkahir saya kesana hanya 10 bulan berselang. Apa yang penulis rasakan. Cuacanya berudabh drastis. Terasa panas, sumpek, dan terkesan seperti kota Semarang.
Cuaca semakin panas, udara bercampur dengan asap beracun yang setiap hari kita ikhlas menghirupnya. Apakah ini bisa dijadikan pertanda, bahwa tempat tinggal kita terasa tidak layak. Setiap hati ada saja aksi yang menyebutkan stop Pemanasan Global, dan aksi-aksi lain yang berkaitan dengan isu yang sama. Namun baru tahun-tahun ini saja kita baru aktif, sudah mulai ada tindakan dari para negara-negara besar untuk meminimalisir Pemanasan Global. kenapa kita selaku orang Indonesia masih saja merasa bangga, dengan menghancurkan hutan yang semakin berkurang daerah kekuasaannya, malah makin gencar pula produksi mebel dari kayu untuk diekspor. Lalu siapakah yang patut dipersalahkan, Pemerintah, Rakyat, atau siapa.
Inikah sikap kita terhadap semakin panasnya dunia ini. Marilah hendaknya kita buktikan walau dengan langkah kecil. tanam pohon disekitar rumah anda, lingkungan, tempat kerja anda. cobalah kita kurangi, ingat kurang tidak langsung serta merta dihilangkan, tentang kebiasaan kita memakai AC, Spray, Lemari Es, dll.

JANGAN BERFIKIR, BAHWA DUNIA INI HANYA MILIK SATU ORANG, TAPI MILYARAN ORANG…BUNG.

CEGAH PEMANASAN GLOBAL, SUKSESKAN PENANAMAN HUTAN KEMBALI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s