Dewasa dari Masalah
oleh Rauf Alfansuri

Dewasa dan Masalah, adalah salah satu hal yang ingin saya angkat didalam tulisan saya ini, Mengapa? karena saya menganggap ini terkait dengan hati. Hati yang begitu rapuh dan mudah terluka, sedih dan gembira tergabung menjadi satu bagian, yaitu Hati.

Masalah, menurut teman saya yang bernama Phi-Phien, dia menganggap -> Masalah adalah ketidakserasian antara Keinginan dengan Kenyataan. garis besarnya adalah Masalah itu dapat timbul jika kita mengetahui bahwa apa yang kita inginkan atau yang kita rencanakan tidak berjalan sesuai yang kita harapkan, jadi tidak sesuai dengan kenyataan maka ini yang dianggap teman saaya sebagai masalah.

Jika saya mengambil contoh dari hal lain pun, seolah-olah hal ini benar adanya, karena contoh yang timbul dari kejadian-kejadian yang ada didalam surat kabar, mereka sering memunculkan berita yang pada dasarnya adalah timbul dari masalah.

Dewasa, menurut saya adalah sikap dari kita dalam menanggapi masalah, garis besarnya adalah kedewasaan dari seseorang itu dilihat dan diukur ketika seseorang itu mampu menghadapi masalah yang timbul, dengan sikap yang tidak bertolak belakang dari agama.

contoh, ketika ada cowok yang ditolak cintanya oleh seorang cewek, kemudian dia serta merta memaksa si cewek agar mau menikahinya bahkan mengancam membunuh serta memperkosanya. Hal ini sangat bertolak belakang dari agama yang diajarkan.

kita diajarkan untuk mempunyai hati yang ikhlas, lebih dari rasa qonaah(menerima kondisi dengan apa adanya).

ketika kita bisa menanggapi semua masalah dengan sikap yang lebih dewasa, yang berpusat dari hati yang ikhlas, maka InsyaAllah, Allah akan memberikan jalan yang terbaik dari semua masalah yang kita hadapi. Ingatlah….bahwa Allah Maha Tahu apa yang ada didalam hati kita dan apa yang terbaik untuk kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kedewasaan hati kita. Amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s