Menikmati Sholat.
oleh Rauf Alfansuri

Assalaamualaikum Wr. Wb

Beberapa Minggu yang lalu, ketika waktu masuk sholat magrib di kampus tempatku kuliah, aku buru mengambil air untuk berwudhu. ketika akan menjalankan sholat, ternyata tidak ada yang bersedia menjadi imam pada saat itu. Dan tiba2 ada teman saya yang mendorong saya kedepan untuk menjadi Imam. lalu akhirnya saya sholat berjamaah dengan menjadi iman, setelah selesai sholat, teman saya yang tadi mendorong saya bertanya “Sholatmu koq lama banget to…”, saya menjawab “Maaf ya, ….saya menikmati sholatnya”..

Mungkin saya akui seharusnya saat itu saya tahu akan kondisi makmum saya, ada yang terburu, ada yang kelaparan dan yang lainnya. Saya minta maaf.

Namun hal yang menggelitik pikiran saya adalah, ketiRata Penuhka mereka sholat apakah sebagian besar dari mereka bisa menikmati sholatnya,….ini yang menjadi akar permasalahannya.

Kenapa Nabi Muhammad SAW bersabda “Sholat adalah tiang agama”, yang berarti adalah tiang agama islam yaitu dengan kita mendirikan sholat fardhu plus sholat sunahnya. Namun apakah saat ini kita bisa melihat hal ini sebagai tolak ukur tiang agama.

ketika sholat sebagian besar kita sering melakukannya dalam keadaan hanya sebagai kewajiban saja dan hanya sekedar melakukanya. namun kapankan kita bisa merasakan bahwa sholat kita adalah sebuah kebutuhan. Dan sebagian kecil orang yang merasakannya sebagai kebutuhan, namun sebagian besar hanya merasakannya ketika sedang menghadapi masalah dalam hidup mereka. Jujur inilah yang juga saya rasakan…..

Berkaitan dengan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW, turunlah pula perintah untuk sholat
Sholat adalah sarana kita untuk Mi’roj kepada Allah yang Maha Perkasa. maka marilah kira sama-sama berusaha untuk menikmati sholat agar kita senantiasa bisa mencerminkan sebagai akhlak Muslim dari Sholat.

Wassalaamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s