Kontrol dan kenalilah jaringan kantor, warnet, atau rumah (selanjutnya kami akan kami singkat dengan kata ” jaringan rumah” yang dalam bahasa Inggris berarti “Home Networking”) anda yang sederhana dengan baik, maka semua masalah dapat dideteksi. Tidak ada lagi kejadian-kejadian yang Anda anggap gaib di dalamnya. Jaringan Anda akan bekerja efektif dan efisien untuk Anda.
Jaringan komunikasi data sebenarnya adalah sebuah rimba belantara yang lebat dan pekat. Penuh dengan berbagai pernak-pernik yang membingungkan dan terlebih lagi pernak-pernik ini banyak yang tidak kasat mata. Apa yang terjadi ketika ada sesuatu yang perlu Anda cari di tengah-tengah rimba belantara? Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, bukan? Begitu juga dengan jaringan komputer, ketika Anda ingin mencari sesuatu di dalamnya, akan sangat susah jika Anda hanya mengandalkan mata biasa.
Melakukan troubleshooting suatu masalah yang terjadi di jaringan Anda misalnya, merupakan suatu pekerjaan yang amat sulit jika dilakukan tanpa bantuan apa-apa. Untuk itu, sebuah jaringan yang baik haruslah dapat dikenali, dimengerti, dan dilihat dengan mudah isinya. Jaringan yang baik haruslah memiliki manajemen yang baik, tidak hanya sekadar performanya saja yang hebat. Memanajemeni sebuah jaringan rumah sederhana menjadi tidaklah sulit jika Anda mengetahui data apa saja yang perlu dikumpulkan dari jaringan, apa saja yang perlu diatur dalam jaringan, dan apa saja yang perlu dihilangkan dari jaringan Anda.
Berikut ini adalah beberapa langkah manajemen yang penting yang perlu Anda kenali, pelajari, dan terapkan pada jaringan rumah Anda untuk selangkah lebih teratur.
Traffic Monitoring
Melakukan monitoring terhadap lalu-lintas data Anda di jaringan merupakan hal yang paling utama dan penting yang harus dilakukan oleh seorang administrator jaringan untuk benar-benar menguasai jaringannya. Dengan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai traffic yang ada dalam jaringan Anda, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Dengan melakukan monitoring traffic, hasilnya dapat Anda gunakan untuk keperluan troubleshooting, keperluan maintenance, keperluan penelitian karakteristik jaringan Anda, keperluan pemantauan keamanan jaringan, memantau virus, dan banyak lagi manfaatnya. Terlebih lagi jika jaringan Anda terkoneksi ke Internet, monitoring traffic merupakan suatu keharusan jika Anda tidak ingin uang Anda sia-sia terbuang. Traffic penggunaan Internet broadband Anda misalnya, tentu akan sangat berguna untuk dimonitor bagaimana tren penggunaan koneksi Internet Anda.
Dengan memonitoring traffic, adalah langkah awal untuk mengenal lebih dalam mengenai jaringan Anda. Untuk melakukan monitoring traffic, pertama-tama Anda harus menentukan titik mana yang merupakan pusat dari aktivitas jaringan Anda. Jika Anda melakukan sharing Internet dalam jaringan, yang menjadi titik pusat jaringan adalah pada sebuah server yang memiliki tugas melakukan sharing Internet. Pada server inilah, tempat yang paling tepat untuk memasang mata-mata jaringan Anda. Traffic yang keluar dan masuk pada titik ini akan cukup mewakili besarnya penggunaan Internet pada jaringan Anda.
Untuk memonitor jaringan rumah yang sederhana dengan jumalah pengguna yang tidak terlalu banyak dan topologi jaringan yang tidak terlalu kompleks, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk ini adalah BMExtreme. Program yang bisa Anda dapatkan dengan gratis versi trialnya ini di situs www.lp23.com, memiliki kemampuan monitoring sederhana dan ringan namun cukup berguna dalam memantau jaringan rumah Anda. Anda dapat mengatur interface mana yang ingin Anda monitor, apakah port Ethernet Anda atau interface wireless jika ada. Sebaiknya kali pertama menggunakan program ini, tentukan lebih dulu interface mana yang penting untuk Anda ambil datanya. Setelah menentukan interface mana yang dimonitor, Anda dapat langsung melihat grafik dan statistiknya pada halaman pertama dari program ini. Anda dapat menentukan apakah ingin melihat angka-angka statistiknya saja ataupun berikut grafiknya. Tampilan grafik dapat Anda atur jangka waktunya untuk melakukan refresh tampilan, apakah setiap 5 menitan, 30 menit-an, 1 jam-an, dan masih banyak lagi pilihan waktunya. Anda akan melihat tampilah grafik yang berbeda-beda jika Anda mengatur waktu ini. Selain itu, ada juga informasi mengenai IP berapa saja yang telah melakukan koneksi dengan interface tersebut. Informasi ini sangat berguna untuk mendeteksi alamat-alamat IP berapa saja yang paling sering Anda tuju. Yang menarik dari program BMExtreme ini adalah tersedianya tab Limits yang isinya merupakan fasilitas pembatasan bandwidth untuk sebuah interface. Anda dapat membatasi berapa besar total data yang keluar dan masuk pada interface yang Anda inginkan. Jika batas tersebut lewat, maka interface tersebut tidak akan melayani lagi komunikasi Anda. Selain itu, ada pula fasilitas Profilling yang memungkinkan Anda membuat profile untuk monitoring. Misalnya, Anda hanya ingin memonitor traffic yang keluar-masuk menggunakan port 80 pada interface wireless, Anda bisa langsung membuatnya di sini. Jika profil diaktifkan, maka yang terlihat pada grafik adalah data mengenai apa yang telah ditentukan di profil ini. Dengan menggunakan program semacam ini, jaringan Anda bisa lebih terpantau dengan baik. Anda bisa segera mengetahui apabila bandwidth Internet Anda telah mencapai batas maksimal. Atau Anda akan segera mengetahui ketika Anda serangan dari luar terhadap jaringan Anda. Atau ada virus yang berusaha memenuhi jaringan Anda juga bisa dideteksi. Semua itu tersedia dalam program yang kecil dan tidak akan memakan banyak resource komputer Anda seperti program-program monitoring besar lainnya.
Bandwidth Manager
Bandwidth, khususnya bandwidth Internet masih merupakan barang mewah di negara kita. Harganya yang masih tergolong mahal membuat para pengguna jarang yang bisa memilikinya dalam jumlah banyak. Malah sering kali ukurannya kurang jauh dari kebutuhan yang sebenarnya. Maka dari itu, sangatlah disayangkan jika ada penggunaan bandwidth Internet yang tidak efisien. Sampah-sampah elektronik seperti virus, spam, adware, dan banyak lagi merupakan salah satu pendukung penggunaan bandwidth yang tidak efisien. Namun selain itu, ketimpangan-ketimpangan penggunaan bandwidth juga sering terjadi. Ketika ada salah satu pengguna di dalam jaringan melakukan proses download besar-besaran, maka pengguna lain bisa saja tidak kebagian jatah bandwidth.
Akibat dari ini adalah para pengguna lain tidak lancar berkomunikasi ke Internet. Hal ini akan menyebabkan pengguna merasa lambat dalam melakukan browsing, chatting, download, atau bahkan tidak bisa sama sekali. Untuk menguasai jaringan dari masalah seperti ini, Anda memerlukan sebuah program yang memiliki kemampuan mengatur besar kecilnya bandwidth yang digunakan oleh seseorang atau sebuah program Internet tertentu. Program jenis ini biasanya sering disebut dengan istilah bandwidth manager. Bandwidth manager memiliki tugas utama untuk memanajemeni bandwidth yang ada agar lebih teratur dan efisien.
Salah satu program bandwidth manager yang sederhana namun cukup berkualitas adalah Netlimiter. Netlimiter merupakan program bandwidth manager sederhana yang penggunaannya cocok untuk di dalam LAN atau jaringan yang tidak terlalu besar ukurannya. Program Netlimiter atau yang sejenis ini biasanya diinstal pada server Internet sharing agar semua proses komunikasi Internet tertangkap oleh program ini. Setelah tertangkap, Anda baru bisa mengatur besarnya bandwidth yang akan digunakan untuk sebuah proses komunikasi Internet tersebut. Biasanya semua proses komunikasi Internet pasti akan masuk ke dalam program ini tanpa kecuali. Setelah tampil di menu pengaturannya, Anda dapat dengan bebas mengatur berapa besar bandwidth yang keluar dan berapa besar yang masuk. Besarnya parameter ini juga tidak harus simetris, jadi boleh berlainan sesuai dengan kebutuhan Anda. Program ini terbilang cukup hebat karena berapapun besarnya nilai limit yang ditentukan untuk suatu program, maka segitulah besarnya bandwidth yang akan diberikan kepada sebuah koneksi. Jadi, pengaturannya benar-benar akurat dan tepat. Selain pengaturan bandwidth, disediakan juga grafik-grafik monitoring traffic yang saat itu sedang berlangsung. Ini merupakan sebuah nilai plus untuk program ini. Anda dapat mengatur bandwidth sambil memonitornya melalui bentuk grafik. Jaringan Anda kini sudah lebih Anda kuasai lagi.
Firewall
Tembok api penghadang semua pengganggu juga amat sangat penting peranannya dalam menjaga jaringan rumah Anda agar tetap dapat berjalan dengan baik. Menguasai lebih dulu jaringan Anda sebelum orang lain menguasainya, tentu merupakan tindakan bijaksana. Jika jaringan rumah Anda tidak dikuasai dengan baik, berbagai macam backdoor, program pengintai, adware, dan banyak lagi, tentu akan segera masuk. Untuk itu, tangkislah semua usaha pengacau dengan menginstal firewall pada jaringan Anda.
Firewall sebenarnya merupakan sekumpulan peraturan yang dibuat untuk mengatur data yang keluar dan masuk ke dalam dan dari interface-interface jaringan Anda. Sekumpulan aturan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga proses-proses komunikasi yang tidak diinginkan, dari luar maupun dari dalam, bisa diblok agar tidak sampai ke tujuannya. Sedangkan komunikasi yang diinginkan tetap dapat diteruskan. Yang penting untuk diperhatikan dalam membuat sistem firewall dalam jaringan rumah Anda adalah penyusunan peraturan dan peletakannya. Penyusunan peraturan yang baik tentu hasilnya akan memudahkan dan membuat jaringan Anda aman. Sebaliknya peraturan yang tidak dibuat dengan benar akan sangat menyusahkan Anda. Karena selain tidak aman, komunikasi Anda keluar masuk bisa kacau. Komunikasi yang seharusnya Anda inginkan, malah terblokir oleh sistem firewall Anda. Sebaliknya sebuah komunikasi yang harusnya tidak boleh terbuka ke dalam jaringan pribadi, malah terbuka selebar-lebarnya. Semua ini bisa dikarenakan program firewall yang kurang hebat, pendesainan peraturan yang tidak baik, kesalahan konfigurasi, ketidaksengajaan, dan banyak lagi. Untuk itu, penting sekali untuk menentukan program firewall apa yang akan digunakan dalam jaringan rumah Anda.
Salah satu program yang banyak dipuji-puji oleh para pengguna komputer adalah Zone Alarm. Selain tersedia versi komersilnya, tersedia pula versi gratisnya yang bebas Anda download dan gunakan. Namun dengan kemampuan yang masih terbatas tentunya. Anda dapat mendownload-nya di www.zonelabs.com, atau dapat juga menemukannya di CD PC Media edisi ini. Meski tidak sehebat dan selengkap versi komersialnya, program gratisnya ini sudah cukup untuk melindungi jaringan rumah sederhana Anda. Menggunakan Zone Alarm Anda akan mendapatkan empat buah fitur yang berkonsentrasi untuk melindungi perangkat komputer. Fitur pertama adalah Firewall yang bertugas untuk memblokir dan melewatkan sebuah proses komu nikasi. Firewall Zone Alarm membagi-bagi daerah kerjanya dengan sebutan Zone, Internet Zone dan Trusted Zone. Zone-zone ini dapat Anda atur sendiri tingkat keamanannya. High untuk tingkat pengamanan yang tinggi, Medium yang sedang, dan Low yang rendah. Di setiap tingkat pengamanan terdapat seperangkat peraturan yang bertugas membatasi proses komunikasi agar tidak terlalu bebas. Pada versi gratisnya ini, Anda hanya dapat menentukan akan menggunakan tingkat pengamanan yang mana, tanpa dapat mengetahui apa dan bagaimana isi peraturan-peraturan di dalamnya. Membuat peraturan sendiri lebih tidak mungkin lagi. Yang masih dapat Anda atur hanyalah menggolongkan alamat-alamat IP atau segmen-segmen jaringan mana saja yang termasuk dalam Trusted zone atau Internet zone.
Meski demikian, firewall ini menjalankan fungsinya dengan cukup baik. Fitur lainnya adalah Program Control, yang banyak mengatur komunikasi ke luar dari program-program yang terinstal di komputer Anda. Program yang Anda instal di komputer terkadang perlu juga terkoneksi ke Internet untuk sekadar melakukan update maupun melakukan tugas utamanya. Dengan fasilitas ini, komunikasi yang ingin dibangun oleh program-program tersebut juga dapat dikontrol oleh Zone Alarm. Program yang tidak sesuai dengan kriteria Zone Alarm tidak akan dilewatkan karena dianggap membahayakan keamanan perangkat komputer Anda. Namun, tingkat keamanan ini juga dapat diatur. Antivirus Monitoring juga disediakan di sini. Fitur ini bertugas memonitor program antivirus yang terinstal di komputer Anda apakah bekerja dengan baik dan selalu up-to-date atau tidak. Program-program antivirus yang terinstal akan segera terdeteksi oleh Zone Alarm. Setelah itu, Anda dapat mengetahui antivirus mana yang tidak up-to-date virus list-nya atau yang sudah expired waktu instalasinya, dan banyak lagi. Dan satu lagi yang terakhir adalah fasilitas E-mail Protection yang akan memeriksa dulu setiap e-mail yang masuk, apakah terjangkit virus atau tidak. E-mail dengan attachment .VBS dijamin tidak akan bisa lewat jika Anda memasang fitur ini dalam jaringan. Sayangnya, versi gratis ini hanya menyaring attachment .VBS saja, semua fitur lengkapnya dapat Anda gunakan pada versi komersialnya.
Meski demikian, e-mail Anda sudah jauh lebih aman dari virus. Manajemen yang Baik Perlu Mengatur jaringan komputer agar bekerja lebih efisien tidaklah terlalu sulit. Kunci utamanya sebenarnya adalah melakukan monitoring dengan baik. Ketika jaringan Anda sudah termonitor dengan benar, semua pengaturan lainnya dapat juga berjalan dengan baik. Melakukan pengaturan bandwidth dan menentukan peraturan firewall menjadi lebih mudah. Aturlah dan pantaulah jaringan Anda mulai dari sekarang untuk mendapatkan kinerja jaringan yang lebih optimal.
Selamat mencoba! – Hayri
lebih lanjut:
http://www.xilinx.com/esp/consumer/home_networking/index.htm
http://www.xilinx.com/esp/wired/nt/
sumber: PC Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s