Assalaamualaikum warohmatullohi wa barokatuh.

Saudaraku, dalam hidup ini, terkadang kita yang sudah hidup dalam berkehidupan ini, masih saja merasa ada yang kurang dalam hidup kita, ada yang hilang dalam hidup kita, dan akhirnya membuat kita bekerja dan berlaku melampaui kemampuan kita sendiri, Dan akhirnya ketika dalam keterpurukan dan ketidakmampuan inilah yang menjembatani kita untuk kembali kepada Allah…………..

Ya…memang kita itu ingat kepada Allah, ketika kita masuk kedalam masalah yang tidak ada orang yang mampu membantu kita, terkadang bahkan kita malah berusaha meminta kepada makhluk selain Allah, entah itu jasa “orang pintar”, makam keramat, pohom angker, gua, dan bahkan jin, iblis, siluman dan hal-hal yang membuat kita segera mendapatkan hal yang kita inginkan, padahal kita tahu hal itu adalah Syirik, na’udzubillah….

Saudaraku……..dalam catatan Sang Hina ini, sengaja mengajak untuk lebih memahami 3 Hak yang belum kita ketahui, dengan harapan membuat hidup yang awalnya “grusa-grusu” dan ingin cepat kaya atau sukses, menjadi hidup yang bermakna, bermartabat dan berharga.

3 Hak yang akan saya bahas, pertama adalah HAK HAMBA, dalam hal ini Hak kita sebagai Hamba Allah. seperti yang saya kemukakan diatas, bahwa kita selalu lebih giat, untuk meminta dan memohon segala sesuatu yang selalu kita butuhkan, dan seolah-olah meminta semua itu harus dikabulkan saat itu juga. Dalam hal ini bisa kita meminta rejeki berupa uang, rumah, mobil, jodoh dll. Tidak sedikit dari kita yang selalu sabar dan tawakal serta istiqomah untuk mendapatkan itu semua, namun banyak juga yang melakukan yang menyekutukan Allah, seperti yang saya ungkapkan tadi diatas.

Dalam hal ini, saya anggap saudaraku sudah paham betul apa-apa saja yang akan dilakukan seorang Hamba untuk menarik hati dan perhatian dari Allah Sang Pencipta Alam seisinya…Garis besarnya Sholat, Zakat, Sodaqoh, dll.

2 Hak yang lainnya yang sering kita lupakan, bahwa kita abaikan sebagai seorang Hamba. Yaitu Hak Allah dan Hak Nabi / Rosul.

Dalam 2 hak inilah yang sering kita lupakan, kita senantiasa menuntuk Hak kita sebagai seorang hamba Allah, namun kita mengabaikan Hak Allah dan Hak Nabi / Rosul. Apa saja itu, Hak Nabi /Rosul adalah Sholawat, Tawassul, Salam dan yang sebenarnya banyak sekali jenisnya. Dan Hak Allah adalah Asmaul Husna serta Dzikir kepada Allah (Ingat kepada Allah).

Bagaimana mungkin kita dengan bangga bisa meminta dengan segera Hak kita, namun kita melupakan 2 Hak tadi. bagaimana mungkin Allah akan memberikan apa yang kita pinta, sedangkan kita masih saja tidak memenuhi Hak Allah dan Hak Nabi/Rosul. Oleh karena itu, Penuhilah 2 Hak tersebut, dan Hak mu akan terpenuhi.

Alangkah indahnya dunia ini jika kita lebih mengerti tentang apa makna dan hikmah dari Alam Ketiga yang kita jalani ini, Dari semua ini, semoga Allah memberikan RidhoNya kepada kita semua dan Allah memberikan kita Hikmah dari setiap apa yang menjadi takdir kita. Semoga bermanfaat, dan Sang Hina adalah Manusia tidak sempurna.

Wassalaamualaikum warohmatullohi wa barokatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s