Assalaamualaikum warohmatullohi wa barokatuh.
Semalam Sang Hina tak sengaja melihat acara televisi yang menggelar musik orkestra, dengan piawai sang komponis memperdengarkan lagu hasil aransemen dari lagu-lagu yang sedang hits saat ini…..javascript:void(0)
Ketika mendengar ternyata musik yang penuh dengan KeHARMONIan didalamnya mampu membuat Sang Hina ini tertawa, bahkan bisa lebih sedih lagi….aneh….apakah ini kekuatan HARMONI……

Akhirnya dengan penuh penasaran, Sang Hina mencari makna dan arti dari HARMONI ini…..saya ketik dengan perantara mbah google….dan hasilnya adalah …..

DALAM ISTILAH MUSIK
Ilmu harmoni secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari harmoni. Harmoni adalah keselarasan. Dalam teori musik, ilmu harmoni adalah ilmu yang mempelajari tentang keselarasan bunyi dalam musik.Dalam beberapa bahasa, harmoni disebut armonía (Spanyol & Italia), harmonie (Perancis dan Jerman), zusammenklang (Jerman).ilmu yang mempelajari hubungan antara not/nada yang satu dengan nada yang lain pada saat didengarkan secara bersama-sama, sering digambarkan sebagai dimensi vertikal di dalam teori musik dimana melodi (cantus firmus atau counterpoint) disebut sebagai dimensi horisontal.

source : http://bayunerviadi.wordpress.com/2009/07/25/ilmu-harmoni-pengertian-dan-dasar-ilmu-harmoni-dalam-musik/

DALAM ISTILAH MASYARAKAT
Harmoni atau keselarasan erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Jawa yang ditopang oleh 2 prinsip utamanya yaitu prinsip hormat (urmat) dan prinsip rukun. Harmoni merupakan sebuah pencapaian ideal dalam sebuah tatanan masyarakat Jawa dimana setiap individu Jawa dituntut untuk menjaga kerukunan (rukun) dengan sebisa mungkin menghindari adanya konflik terbuka diantara mereka, walaupun pada dasarnya konflik tidak bisa benar-benar dihilangkan, maka dari itu ada banyak mekanisme sosial yang merupakan strategi untuk mensiasati terjalinnya kerukunan tanpa harus benar-benar rukun salah satunya yaitu dengan cara ethok-ethok rukun.

Sedangkan hormat merupakan kesadaran dari tiap individu Jawa mengenai kedudukannya dalam masyarakat Jawa yang hierarkis dimana seseorang harus bisa menghormati orang lain yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya dengan menerapkan unggah-ungguh dan kawruh basa yang pada dasarnya adalah sebuah cara untuk menjaga kerukunan sebagai pencapaian harmoni dalam masyarakat.

source : http://id.wikipedia.org/wiki/Harmoni

nah, berkaca dari kedua hal tadi, walaupun belum dari sudut ilmu yang lain, Sang Hina dapat sedikit menyimpulkan bahwa KEHARMONIAN itu adalah bentuk wujud dari sebuah keselarasan, entah keselarasan dalam keluarga, tetangga, negara, agama, alam sekitar, bahkan diri sendiri, serta hidup karunia Sang Illahi Robbi……

Dan ternyata dalam perjalanannya, KEHARMONIAN ini tidak dapat dicapai dengan waktu singkat, membutuhkan proses dan waktu, serta pemikiran dan pengorbanan…..entah diberi ujian dengan tetangga tidak akur, diberi ujian dengan tanah longsor, banjir, terkena sakit dalam raga, benci, senang, menangis, dan yang lainnya yang intinya adalah kesemuanya yang kita alami adalah wujud dari pembentukan KEHARMONIAN.

lalu siapa yang merancang ini semua….yang merancang MEGA HARMONI….setiap yang ada adalah wujud HARMONI…..setiap yang kita alami adalah proses HARMONI….dan setiap yang akan kita dapatkan adalah hasil HARMONI…….

DIALAH SANG MAHA DAHSYAT….SANG MAHA JENIUS….YA ROBBI AZZA WA JALLA…..

bersyukurlah…bahwa setiap yang kita alami adalah sebuah HARMONI, tinggal bagaimana kita mau mengImani kepada QODO DAN QODHAR….wujud keHARMONISan dari Allah….dan bayar RoyaltyNya….dengan memenuhi HAK ALLAH dan HAK ROSUL…..

Semoga catatan kecil ini bermanfaat, dan menjadikan kita semakin lebih memaknai keHARMONISan hidup kita…Amien

Sang Hina bukan makhluk sempurna….

Wassalaamualaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

“Composer yang mampu menghasilkan HARMONI dalam nada, adalah Sang Jenius dalam menikmati lagu dengan hati, sehingga memberi kenikmatan bagi penikmat lagu. Lalu bagaimana jika Sang Maha Jenius mengaransemen dan membuat komposisi hidup menjadi sebuah HARMONI untukNya dan untuk CiptaanNya……music is all around us, all u have to do is listen, and fell it…and then…be a better man……”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s