Tanggal 14 Oktober 2011, kuputuskan untuk pulang ke kampung halaman, terkesan mendadak, karena baru hari Selasa aku putuskan untuk membeli tiket, biasanya sich seminggu atau bahkan 2 minggu sebelum, dikarenakan terhalang sesuatu, jadi baru hari selasa aku memutuskan untuk membeli tiket kereta melalui jasa Kantor POS. Aakhirnya kudapatkan tiket kereta api, tertulis nama Gumarang, dengan tujuan dari Stasiun Senen menuju Semarang Tawang, pemberangkatan pada jam 18.05, biasanya aku menjadi penumpang Senja Utama, yang berangkat 19.20 an, tetapi karena mendadak, ditawarilah aku untuk naik KA. Gumarang dengan tujuan Surabaya. tak ada masalah bagiku, yang penting aku bisa menjenguk keluargaku yang ada di Semarang

Setelah pukul 17.00 bel berbunyi ditempat kerjaku, segera kulangkahkan kakiku menuju Stasiun Senen, melalui angkot, kuberhasil mencapai stasiun. tepat 45 menit sebelum keberangkatan. Di peron kumenunggu kereta yang akan mengantarkanku ke kota asalku. Pukul 18.00 kereta Gumarang sudah berada di jalur 1, segera kulangkahkan kaki menuju tempat dudukku, 15 menit kemudian kereta tersebut berangkat. Ada kejadian, bahka tiket yang kupegang ada juga yang sama persis dengan penumpang lainnya, jadi tiket kereta ada 2,  ” tak apalah”, batinku, nanti kalau ada petugas, baru aku klarifikasi, dan yang penting tak ada yang merasa dirugikan, toh masih banyak kursi kosong yang menganggur..

Setelah masuk di Stasiun Jatinegara, petugas sudah mulai melakukan pengecekan, dari yang berdiri, sampai penumpang yang berada di pintu-pintu masuk kereta, dengan ditemani petugas keamanaan, mereka mengecek satu persatu tiket yang dipegang penumpang, Seperti yang aku ceritakan diatas, ketika ada petugas, segera aku tanyakan, ada tiket yang kembar, dan aku cuma pingin klarifikasi saja, toh jawabannya juga tetap sama, masih banyak kursi kosong, dan aku menjawab, yang penting sudah ada petugas yang tahu, dan berharap semoga tidak ada kejadian yang sama yang terulang.

Ketatnya petugas dalam pengecekan keamanan ini, baru terasa berbeda sekarang, karena mungkin setelah puasa, baru kali ini aku pulang kampung lagi, mungkin sudah dilakukan banyak perubahan, demi kenyamanan para penumpang, sampai-sampai di Stasiun Cirebonpun dilakukan hal yang sama, para penjual asongan yang biasanya leluasa masuk kedalam kereta Bisnis ini, tak bisa masuk, dijaga ketat oleh petugas, hmm, tapi tetap saja, dari jendela-jendela, para penjual asongan berusaha menawarkan dagangan mereka, dan berharap siapa tahu ada penumpang yang tertarik kepada dagangan mereka.

“Semoga hal seperti ini berjalan lama”, doaku, namun jangan sampai rezeki para penjual asongan juga menurun, karena dengan menjual dagangan mereka dari kereta ke kereta yang lain, mereka bisa menyambung hidup.

Setelah cirebon barulah doaku tadi tak terkabul…hehehe….tak ada maksud menyindir, tapi setelah Cirebon, ternyata para penjual asongan bisa masuk ke gerbong kereta…wkwkkw, ternyata masih bisa juga…kontan hal ini tidak mengagetkanku, karena memang biasanya juga seperti itu…dari yang menjual air mineral, air berasa jeruk, air panas, kopi, susu, hingga nasi bungkus, hingga snack…

Perjalanan berlanjut lagi hingga melewati Tegal, Pekalongan, Batang, Kendal, Weleri, hingga Semarang…malam hari, tak menunjukkan lamanya perjalanan yang kutempuh, yang sudah kuhitung kurang lebih 8 jam perjalanan.

Tepat pukul 02.15  dini hari, walaupun tak sama persis dengan jam yang tercatat di tiket kereta (entah kapan sistem perkereta apian ini bisa tepat waktu), KA Gumarang masuk ke Stasiun Semarang Tawang, Stasiun yang  juga akan mengantarkanku besok, menuju ibukota, menuju tempat dimana aku harus mencari sesuap nasi…Alhamdulillah…ya…sesuatu banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s