Tiket sudah ditangan, Kamis tanggal 17 November 2011, Indonesia versus Malaysia, di Gelora Bung Karno, berharap pengalaman pertama menonton di Gelora Bung Karno yang konon bisa menampung 88000 orang, membuatku bersemangt menonton, walaupun Indonesia sudah pasti lolos di babak Semi Final Sea Games 2011, namun karena musuhnya adalah negara tetangga Malaysia, yang konon sering bikin masalah dari Zaman Presiden Soekarno sampai Presiden SBY sekarang.

Beragam cara mendukung TimNas Indonesia melawan Malaysia, dari yang pake Batik, pake Reog, dan pake Angklung, kalau perlu jualan Rendang dan Rawon, hebat sekali nuansanya. Intinya adalah bagaimana bisa menggelorakan semangat Persatuan, yang bergelora seperti bergeloranya Bung Karno yang sekarang terekam jelas, ketika kita mendukung Indonesia di Gelora Bung Karno, semangat yang mungkin mewakili Seluruh rakyat Indonesia.

Awalnya jalanan macet saat itu, karena jalan menuju ke GBK sudah penuh sesak dengan antrian motor dan mobil yang memang memiliki niat yang sama, untuk mendukung TimNas kesayangan mereka, menang atau kalah tak masalah. Pukul 18.00 sudah berada dikawasan GBK, belum bisa masuk karena memang banyak orang yang memiliki tiket namun belum bisa masuk, karena ternyata didalam sudah penuh sesak dengan penonton yang menonton dari pertandingan sebelumnya Thailand versus Singapura.

Tak kunjung ada harapan bakal dibuka, akhirnya aku bersama beberapa teman, memutuskan untuk menonton diluar saja, namun beberapa ratus meter, kulihat ada pintu yang dibuka, artinya ada kesempatan untuk menonton didalam, dengan tiket yang sudah ditangan, kuputuskan untuk menonton. sesak panas dan haus, itu yang kurasakan, tak sampai 15 menit, sudah naik menyusuri tangga, menuju ke tempat duduk.

Tak kusangka suasana riuh ramai sesak, dan sampai ada pula yang berdiri diatas balkon, tempat duduk penuh, bahkan ada yang rela berdiri sambil menonton pertandingan yang sedang berjalan. Keinginan yang besar untuk mendukung sangat terlihat dimata para penonton, terkadang kecewa, marah, teriakan, cacian, hinaan bahkan mungkin kata-kata yang membuat tim kesayangan bertambah semangat untuk bertanding.

Semangat itulah yang selama ini jarang tampak, Indonesia seolah-olah hanya bisa diwakili oleh Suasana Gelora Bung Karno saat dihuni oleh rakyat Indonesia, untuk mendukung TimNas. Rasa Nasionalis, rasa Bangga, Rasa Memiliki negara ini, tampak hangat, seolah-olah Indonesia butuh perhatian dan dukungan serta pengorbanan rakyat-rakyatnya.

Namun…

itu hanyalah potongan dari keindahan semangat Indonesia, masih banyak rasa Kecintaan Tanah Air yang belum terekspos maksimal oleh media massa, Semangat nan bergelora yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia masih ada dan dipandang tak hanya sebelah mata oleh negara lain.

Senin, tanggal 21 November nanti, Indonesia akan bertemu dengan Malaysia untuk kedua kalinya dalam1 minggu ini, kobarkan semangatmu untuk mendukung TimNas Indonesia…berGelora di Gelora Bung Karno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s