August Rush, awalanya aku kira adalah sebuah judul yang artinya ada bulan Agustusnya, dengan gambar cover yang sederhana, seorang anak kecil tampak dari belakang, sedang membawa gitar, menuju ke sebuah kota, menuju sebuah perjalanan, petualangan dengan hanya mengandalkan intiusinya, berupa nada-nada yang terdengar dari semua alat yang   dia dengarkan, menuju kesebuah perjalanan menemui orang tuanya…

ini dia gambarnya

Dan yang masih segar kuingat adalah, film ini drama musikal, kental dengan nuansa musik orkestra, harmonisasi yang indah dalam setiap nada, membuatku sangat menikmati setiap adegan dalam film tersebut.

Cerita yang Indah

Cerita ini berawal dengan alur flashback , dari awal seorang anak kecil ditengah ladang semak yang hijau, yang menceritakan seolah dia mendengarkan nada-nada dari semak-semak itu. anak yang lahir dari sebuah pertemuan yang tidak disengaja, mempertemukan seorang pria dan wanita. Dan dalam adegan tersebut yang membuatku sangat menyukai, yang sangat membuatku senang menontonnya, adalah ketika sang wanita datang ke pesta setelah pertunjukkan solonya, dan ketika naik ke atap, karena dia merasa suntuk, dalam adegan inilah, dia bertemu dengan sang pria, pria yang baru pertama kali dia lihat dalam hidupnya, sesaat setelah berbincang, mereka berdua mendengarkan lantunan suara harmonica dari seorang musisi jalanan. saat itulah keduanya bertatap mata, seolah pernah bertemu, seolah mengenal lama, dan seolah menemukan belahan hatinya. Love at the first sight. Akhirnya keduanya memadu kasih.

Dari inilah perjalanan sang anak untuk mencari kedua orang tuanya berawal, tak hanya sang anak, perjalanan sang wanita untuk mencari anaknya yang hilang, serta pelarian dari sang pria yang lari dari kenyataan karena kehilangan kontak dengan sang wanita yang sangat dia cintai.

Happy Ending

Akhir dari cerita ini pastilah mudah ditebak, namun bukan itu yang paling penting. Yang paling indah adalah, Konser Orkestra yang dipelopori sang anak, yang mampu menerjemahkan apa yang dia dengarkan dari semua perjalanannya untuk mencari, kedalam sebuah aransemen lagu. Hal ini yang membuatku baru pertama kali, menonton film, yang endingnya aku ulang-ulang bukan untuk menontonnya, melainkan untuk mendengarkannya.

Lagu yang bisa menceritakan dari rasa harap yang muncul, perjalanan yang berat dan melelahkan, pelarian kerena keterpurukan, hingga kebangkitan keyakinannya dari penipuan diri, hingga bertemu dengan sang pujaan hati.

Ini yang menjadikan film ini, salah satu favoritku, drama musikal.

Silahkan menonton.

2 thoughts on “August Rush Movie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s