Tepat pukul 11 siang, saat dimana matahari berada tepat di 80 derajat diatas kepala, saat dimana momen untuk bersama-sama keluarga besar dikantorku untuk bersenang-senang. Panas yang mendera kulit hingga membuat keringat yang baru saja keluar dari pori-pori bisa secepat kilat menguap karena panasnya, Rata-rata penjual disana menawarkan payung untuk mengurangi panasnya matahari, sarung batik untuk sekedar bergaya didepan kamera, dan banyak pula yang menawarkan pernak-pernik borobudur, seperti wayang, centong, cobek, ukir-ukiran, baju, kaos, dan masih banyak lagi.

Para pemburu foto pun berhamburan untuk mencari objek-objek yang menjadi sasaran mereka, dari candi Borobudur, stupa, venue, hingga ekpresi orang-orang sekitar maupun teman sendiri.

foto borobudur yang diabadikan oleh salah seorang teman, R.Koswara

beberapa letak stupa, tak tampak sempurna, hingga membuat pemandangan serasa berbeda, yang biasanya tertutup, sekarang ada beberapa bagian yang tak punya kepala, mungkin dalam tahap perbaikan. Selanjutnya setelah berpuas mencari objek, tempat lainnya beralih ke museum, yang menjadi saksi bisu perkembangan renovasi Candi Borobudur yang dari awal tertutup letusan Gunung Merapi, hingga rusak parah tata letaknya, hingga diperbaiki sampai seperti sekarang.

Banyak benda-benda yang indah, dan berusia cukup tua, yang mungkin sudah asing bagi anak-anak muda yang sekarang, yang lebih kenal dengan Tab, Pad, Tablet, SmartPhone, dll. Tempat-tempat kebudayaan yang semakin sepi dari pengunjung juga memaksa penjual perlahan harus mengalihkan mata pencaharian mereka, lambat laun tempat inipun akan sepi. Siapa lagi yang akan menjadi penggerak pencinta peninggalan masa lalu kita, jika bukan kita sendiri. Tak pelak lagi bahwa kita lebih suka menikmati keindahan diluar negeri dibandingkan keindahan negeri kita sendiri. Lambat laun pula, kita yang meninggalkan negeri tercinta ini, Tanah kelahiran kita …Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s