Belakangan tahun ini, di negara kita Indonesia, gencar mencanangkan gerakan “Go Green”, sebuah gerakan yang mengajak segenap rakyat indonesia, dari tingkat sekolah dasar, hingga perguruan tinggi, dari home industri sampai industri dalam skala besar.

Hal ini sebenarnya merupakan langkah yang baik, dalam mengatasi “Pemanasan Global” yang semakin marak didunia. Di Negara lain, tindakan yang mereka lakukan sudah dilaksanakan dari 2-8 tahun yang lalu, yang menyadari bahwa lingkungan yang semakin memburuk, karena tingginya tingkat polusi di sekitar kita. Bahkan, perusahaan-perusahaan kelas tinggi sudah mulai merambah manajemen Go Green, hingga teknologi Go Green, bukan warnanya yang HIJAU, namun pola pikir, tingkah laku yang kita lakukanpun harusnya turut mendukung adanya gerakan Go Green ini, sampai-sampai ada perusahaan asing yang mau memakai kertas daur ulang.

Kondisi lingkungan yang sangat memprihatinkan, namun tak diikuti dengan kesadaran masyarakat yang sadar akan pentingnya gerakan ini, membuat gerakan ini hanya sekedar wacana. Di Indonesia sudah banyak pula yang dilakukan, dari jalan yang tidak diperbolehkan adanya mobil, walaupun hanya waktu hari minggu saja, ada pula yang mengajak pergi bekerja dengan naik sepeda, dan lain-lain.

Namun tetap saja, ketika dari kita meminta laporan-laporan yang digunakan untuk memperkuat laporan, harus diprint, kenapa laporan tersebut tak bisa bentuk software, atau minimal di scan, bahkan jika terpaksapun harus di cetak, kertas yang kita pakaipun, bukan kertas daur ulang, melainkan kertas yang baru diproduksi. Jam lembur yang dikurangipun sudah mendukung gerakan ini walaupun secara tidak langsung dengan alasan penghematan APBN, namun tetap saja, pulang malem masih berjalan.

Wacana ini hendaknya tak menjadi sekedar wacana, namun perlu ditindaklanjuti dengan tindakan nyata, yang notebene bisa menjadi langkah nyata, bahwa kita sebagai bangsa mendukung gerakan yang memang dicanangkan oleh dunia internasional, kesadaran dari rakyat, dan kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang seharusnya menyadari bahwa gerakan inilah yang mampu menyelamatkan negara kita dari penebangan liar, hewan langka yang sekarang mulai punah, hingga coral laut yang semakin luas daerah kerusakannya.

3 thoughts on “Go Green yang baru Wacana (Miris)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s