Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

jika dilihat dari sisi sejarah perkembangan media sosial,

Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut :

  • 1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduhPerangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data – data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website – website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun,Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.

source : http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

dari beberapa jenis media sosial itulah, kebutuhan manusia akan bersosial perlahan berangsur berpindah, dari yang dulunya kalau berkomunikasi dengan bertatap muka atau berkirim surat secara manual, namun dengan muncul media sosial ini mengurangi kebutuhan manusia untuk saling bertatap muka atau bertemu secara langsung dengan orang lain.

media sosial sekarang ini memang sudah sangat berpengaruh, dan bahkan bisa jadi sudah menjadi kebutuhan, bahkan bisa jadi segala apa yang kita inginkan (membeli baju, makan, mencari rumah, kendaraan, dll) dan yang kita rasakan (update status, lagi galau, marah, senang, sedih, hingga doa) bisa kita masukan kedalam media sosial.

Hingga kemaren malam muncul pemikirin, seandainya Tuhan/Allah punya akun di media sosial?????????????

bayangkan berapa miliar orang yang bakal nge-follow, nge-like, atau berapa juta doa yang bakal Allah baca tiap harinya, atau berapa banyak orang-orang yang lagi meminta kepadaNya dengan hanya menuliskan pada akunnya.

jadi ingat film “Bruce AlMighty” ,ada beberapa adegan, dimana setelah dia diberi kekuatan sama seperti Tuhan, dia sedang membuka email dari pcnya, kemudia tiap email itu, terdapat doa-doa dan keinginan dari tiap orang, dan pada adegan itu dia Menyetujuinya, dan adegan lainnya dia menolaknya (dengan cara mencabut kabel power pc).

mungkinkah Tuhan akan menyesal, karena media sosial secara tidak langsung mengambil peranan dimana doa, harapan, serta perasaan yang tertuang dalam hati dan diyakini dalam diri, sekarang dengan mudah terpampang di media sosial, dan orang lain bisa mudah membacanya.

Mungkin ini pemikiran yang cenderung ngawur, namun koreksi juga bagi kita, karena sedikit demi sedikit, harus buka facebook, harus buka email, hingga jika kita lagi galaupun, harus update status. Padahal pada jaman Nabi Muhammad SAW, sholat itu menjadi kegiatan  dimana bisa berbagi masalah kita sebagai hamba kepada Allah. Lantas dimana bukti kita mengakui bahwa Tiada Tuhan selain Allah,dan  letak Allah di hati kita,  jika kita masih saja merasa sedikit-sedikit harus update status…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s