durian oh durian
Durian oh durian

70.000 dapet 3 buah durian…hmmm lumayan murah, jika belinya juga deket-deket daerah penghasil durian…tepatnya karena aku sedang liburan, ku berburu di daerah Trayu, Boja. kebetulan dekat dengan rumah saudara istri, keluarga dari ibu.Karena memang sebelumnya tidak berpengalaman dalam mencari durian, maka terpaksa meminta tolong kepada penjual untuk memilihkan durian yang memang paling enak untuk dimakan.

Setelah sampai dirumah, berniat untuk oleh-oleh keluarga malah gagal, ketiga-tiganya ada beberapa bagian yang busuk, kemudian ada yang masih mentah…apa mau dikata, akhirnya tertunda juga santap buah durian….

Berbekal dari sinilah, akhirnya nguprek-nguprek di internet, untuk mencari…hehehe…..TIPS dan TRIKS memilih buah DURIAN/DUREN….alhasil, inilah beberapa comotannya…

  • Durian matang atau sudah cukup tua warna kulitnya biasanya kuning kecoklatan. Bila masih muda, warnanya hijau dan tampak lebih pucat.
  • Duri buah durian yang sudah cukup tua mulai jarang-jarang dan ketegakkan durinya tidak saling mendekat, sehingga permukaan kulit di sela-sela duri tampak lebih menonjol.
  • Durian matang atau tua, jika diketuk akn berbunyi seperti ada bagian yang kosong atau berongga, bunyinya terdengar ringan.
  • Durian yang matang baunya akan lebih menyengat dan beraroma khas. Makin matang baunya makin tajam pula baunya.
  • Kulit buah durian yang matang akan lebih mudah dibuka hanya dengan tangan, dari ujung tangkai hingga ke bagian bawah.
  • Pilihlah durian yang bulat penuh, hindari yang durian dengan bentuk yang kurang simetris
  • Perhatikan bagian bawahnya, pastikan durian belum pecah/ terbuka ( kebanyakan durian yang sudah pecah/ terbuka sudah kadaluwarsa)
  • Periksa tangkainya. Untuk menentukan tebal dan tipisnya daging buah bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai durian tebal dan pendek, sudah tentu dagingnya tebal, sebaliknya jika tangkainya panjang dagingnya tipis
  • Cium aroma buah. Durian masak, bisa ditandai dengan mencium aroma buah
  • Saat memilih durian jangan lupa tepuk-tepuk dengan benda tumpul, jika bergema berarti sudah masak dan bisa dikonsumsi
  • Untuk menentukan padat dan lembeknya daging durian juga ada caranya, yaitu dengan memperhatikan kulit durian sendiri. Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek.
  • Cara memastikan durian matang dipohon dan durian dikarbit (disimpan). Lihatlah bagian batang, durian yang matang di pohon biasanya tangkainya akan bergerigi, karena durian jatuh langsung dari pohonnya, tapi jika batang terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu

Kemudian, cara mengatasi Mabuk Durian,

Kebanyakan makan durian memang bisa menyebabkan kepala pusing dan perut menjadi panas, istilah kerennya dinamakan mabuk durian. Cara menetralisirnya sebetulnya mudah, tapi masih banyak yang belum mengetahuinya.

Manggis yang dijuluki Si ratu buah bisa membantu menetralisir mabuk durian, usahakan saat mengkonsumi durian, sediakan juga buah manggis. Sebab manggis dipercaya bisa menetralisir.

Cara kuno yang biasa dipakai yaitu dengan menggunakan kulit durian itu sendiri. caranya dengan meminum air yang dituangkan pada lekukan kulit durian. Kulit durian yang berwarna putih memiliki zat penawar untuk alkohol yang terkandung dalam durian.

Source : berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s