Imam Ghazali berkata: “Ilmu tanpa amal adalah gila dan pada masa yang sama, amalan tanpa ilmu merupakan suatu amalan yang tidak akan berlaku dan sia- sia.”

2 hal ini adalah sebuah kesempurnaan untuk mencapai derajat tinggi dihadapan Allah, bagi umat muslim yang tahu dengan ikhlas serta benar dalam pengamalannya.

Banyak yang merasa bahwa dengan bekerja itu merupakan amalan dari ilmunya, padahal tidak semudah itu dalam pemahamannya.

Al-Fudhail bin ‘Iyadh menafsirkan firman Allah ‘Azza wa Jalla:

لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً

“…Supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya…” (QS. Al-Mulk: 2)

Beliau berkata, “Yakni, yang paling ikhlas dan paling benar (sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ).

Sesungguhnya amal itu apabila ikhlas tapi tidak benar maka tidak akan diterima; dan apabila benar tetapi tidak ikhlas juga tidak akan diterima. Jadi harus ikhlas dan benar.

Suatu amalan dikatakan ikhlas apabila dilakukan karena Allah, dan yang benar itu apabila sesuai Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Kitab Jami’ Al ‘Ulum wa Al Hikam I/36 Ibnu Rajab Al Hambali, hal. 20, Darul Muayyad, cetakan pertama, 1424 H).

Dalam ayat “supaya Allah menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya”, di situ tidak dikatakan siapakah yang paling banyak amalannya. Namun dikatakan siapakah yang paling baik amalannya. Sehingga dituntut dalam beramal adalah kualitas (ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), bukan kuantitasnya(Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 8/176 )

Jelaslah bahwa bekerja manifestasinya adalah berniat dengan ikhlas untuk Allah, dan melakukan pekerjaan dengan sunnah agar benar dalam pelaksanaanya, maka inilah yang diharapkan kita bekerja agar bernilai ibadah karena kita ikhlas dan benar sesuai dengan AlQuran dan Sunnah.

Bukan lantas dengan senang bekerja lantas menjadikan dia mulia dimata Allah, namun bekerja dengan kualitas yang paling baiklah dimata Allah yang akan mulia, jika tidak mulia didunia, maka InsyaAllah akan dimuliakan di akherat kelak. Aaamiennn

Koreksi diri dalam niat ilmu dan amal agar selamat dunia akherat. Aaamiennn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s